Jumat, 30 Agustus 2024

Resume - Tim Dosen Unusa Raih Sertifikat Paten atas Inovasi Kesehatan








Dua tim dosen dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil meraih sertifikat paten sederhana atas inovasi-inovasi mereka di bidang kesehatan.




Tim pertama yang dipimpin oleh Iis Noventi, S.Kep.Ns., M.Kep., mengembangkan sebuah alat inovatif berupa ‘Sendok untuk Lansia yang Mengalami Tremor’. Beberapa lansia dengan kondisi kesehatan stroke, alzheimer, demensia, dan tremor sering mengalami kesulitan makan secara mandiri, tindakan mengunyah dan menelan menjadi permasalah bagi mereka (para lansia). 

Iis menjelaskan, adanya inovasi sendok lansia yang adaptif ini sangat memudahkan kegiatan makan, mengefisiensi waktu lebih menyenangkan dan lansia tetap ternutrisi dengan baik. Bentuk sendok yang bisa lurus dan melengkung bisa digunakan sesuai kondisi lansia, sekaligus dilengkapi indikator suhu pada pegangannya untuk mencegah lansia terbakar mulutnya karena makanan yang masih panas.

Tim kedua yang diketuai oleh Dr. Teguh Herlambang, S.Si., M.Si., menciptakan ‘Peralatan Kotak Portabel Pemantau Kondisi Jantung Berbasis Wireless Embedded ESP8266’. Inovasi ini dirancang khusus, terutama untuk pemantauan kondisi jantung yang merupakan salah satu aspek kritis dalam manajemen penyakit kardiovaskular.
Alat ini dirancang untuk memberikan pemantauan kondisi jantung secara real-time, memungkinkan pasien untuk terus memantau kesehatan mereka secara mandiri atau bisa di rumah saja. 

Inovasi para tim dosen yang telah mendapatkan sertifikat paten sederhana akan direalisasikan menjadi produk siap pakai.

Didapatkannya sertifikat paten sederhana ini merupakan langkah awal yang sangat signifikan dalam perjalanan menuju realisasi inovasi-inovasi tersebut. Ini menjadi langkah pembuka bagi pengembangan lebih lanjut dan harapannya semoga produk-produk ini masif di pasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Keberhasilan ini menjadi bukti nyata dari dedikasi para dosen Unusa dalam melakukan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat. Selain itu, pencapaian ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa dan dosen lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang penelitian dan teknologi. 


Kunjungi juga blog teman saya : Brizalia


MEDIA SOSIAL UNUSA :

Twitter ( X ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume day 2

 RESUME DAY 2 PPKMB Materi I Aswaja dan Bermadzhab dalam kehidupan bersosial di lingkungan kampus.  Madzhab : Akidah (Iman) Asy'ari, mat...